Memahami Motivasi Diri Sendiri

Dalam kehidupan dunia modern sekarang ini untuk mencapai tujuan organisasi merupakan tantangan berat bagi setiap unsur pimpinan organisasi. Dengan semakin meningkatkan tuntutan kualitas pelayanan dari masyarakat tentu saja akan berdampak pada semakin meingkatnya beban kerja interaksi yang lebih kompleks, hal ini tentu saja menuntut pengembangan kemapuan sumber daya insani, dan sebagainya. Dan dengan kondisi seperti ini bagaimana setiap unsur pimpinan sehingga dapat memotivasi, menggerakkan orang lain, baik bawahan, kolega maupun atasannya, dimana mereka dengan sadar bersama-sama bersedia berprilaku untuk mencapai tujuan organisasi sebagaimaan yang telah ditetapkan. 
 
Memahami Motivasi Diri Sendiri

Dengan dipahaminya tentan motivasi manusia maka selaku pimpinan selanjutnya akan dapat dilakukan digunakan sebagai alat untuk memahami perilaku anggota organisasi, untuk bisa memperkirakan dampak dari tindakan yang diambil, bisa mengarahkan perilaku pegawai kearah pencapaian tujuan dan tujuan pribadi anggota-anggota organisasi.

Motivasi sebagai proses bathin atau proses psikologis yang terjadil pada diri seseorang, sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di samping faktor ekstern seperti : lingkungan kerja, pemimpinan dan kepemimpinannya dan sebagainya, juga sangat ditentukan oleh faktor intern yang melekat pada setiap orang atau bawahan seperti ; pembawaah, tingkat pendidikan, pengalaman masa lampau, keinginan atau harapan masyarakat.

Tingkah laku bawahan dalam kehidupan organisasi pada dasarnya berorientasi pada tugas, artinya tingkah laku bawahan biasanya didorong oleh keinginan untuk mencapai tujuan, karena itulah hal ini haruslah selalu diamati, diawasi dan diarahkan dalam kerangka pelaksanaan tugas untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan tersebut. Sehingga perilaku para bawahan dalam kehidupan oraganisasi tidak boleh bertentangan dengan norma atau sistem nilai dan segala ketentuan yang ada dalam kehidupan organisasi, sebab perilaku bawahan akan berpengaruh pada rangkaian kegiatan organisasi.

Permasalahannya ialah bagaiman setiap unsur pimpinan agar selalu dapat memahami, meramalkan bahkan mengawasi dan mengubah perilaku bawahan pada saat tertentu dan pada waktunya. Untuk itulah pemimpin perlu mempunyai pengetahuan mengenai motif bawahan yang dapat mendorong timbulnya tindakan tertentu dan pada waktu tertentu pula. Dalam kehidupan organisasi motivasi bagi bagi setiap unsur pimpinan mempunyai arti tersendiri. Motivasi sebagai sesuatu yang dirasakan sangat penting, tetapi motivasi sebagai suatu yang dirasakan sangat penting

1 Response to "Memahami Motivasi Diri Sendiri"

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160k men and women are hacking their diet with a simple and secret "liquid hack" to burn 1-2 lbs each and every night as they sleep.

    It's very simple and it works on everybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Get a glass and fill it with water half full

    2) And then do this weight loss hack

    and become 1-2 lbs skinnier as soon as tomorrow!

    ReplyDelete